Permainan-permainan dibawah ini
merupakan games dan outbond yang seruu, semoga games dan outbond ini
berguna bagi pembaca yang memerlukan permainan hiburan dan outbond.
1. Boom 7
Peserta diharuskan berhitung jika ketemu angka dan kelipatan 7 harus menyebutkan boom.
Contoh : 1,2,3,4,5,6,boom,8,9,10,11,12,13,boom,15,16,boom, dan seterusnya…
Jika peserta yang melanggar akan diberi sanksi yakni dikerjain.
Tujuan : untuk melatih konsentrasi dan daya ingat para peserta.
2. Puzzle
Peserta
/ kelompok diharuskan memasang gambar yang susunannya diacak. Intinya
sih sama seperti main puzzle biasa, Tapi ini dibutuhkan kecepatan dan
ketelitian dalam memasangnya. (soalnya di puzzle itu ada keywordnya dan
diberi waktu hanya 1 menit).
Alat yang digunakan : puzzle dan kertas.
Tujuan : untuk melatih daya pikir, ketelitian dan kecepatan tangan.
3. Komunikata
Salah
satu peserta dari kelompok memilih kalimat, lalu kalimat tersebut
diaplikasikan ke kelompoknya. Caranya kalimat tersebut harus dibisikan
berurutan ke teman kelompoknya dengan cara berbanjar / baris memanjang.
Peserta yang paling ujung harus memberikan hasil kalimat yang telah
dibisikan ke panitia.
4. Pipa Korupsi
Setiap
kelompok diharuskan mengisi air ke dalam pipa yang sisi pipanya sudah
diberikan lubang kecil. Kelompok yang dapat mengisi air lebih banyak ke
dalam pipa dalam waktu 10 menit maka ia adalah pemenangnya.
Tujuan : untuk melatih tingkat kerjasama tim, kekompakan, kekreatifan dan daya nalar peserta.
5. Langkah Misteri
Awalnya
setiap peserta dalam kelompok harus menghadap membelakangi kotak angka
1-20, lalu peserta bergiliran jalan menebak beberapa kotak angka dari
1-20. Agar mereka dapat berjalan hingga ke angka 20, setiap peserta
harus menebak kotak tersebut ada yang bisa dilalui dan tidak dapat
dilalui. Jika peserta melewati kotak yang tidak dapat dilalui maka ia
harus mengulang lagi dan mengantri ke urutan terakhir.
Alat yang digunakan : Karton / Koran yang di beri nomor 1-20 dan kertas.
Tujuan : untuk melatih daya ingat, kerjasama tim, dan daya nalar.
6. Lingkaran Setan
Semua
peserta dalam kelompok harus menyentuh bola plastik yang ada di tengah
lingkaran dengan dengan syarat tidak diperbolehkan anggota tubuh
menyentuh garis lingkaran dan setelah panitia berkata “mulai” maka
anggota kelompok mulai melepaskan tangannya dari menyentuh bola sesuai
urutan giliran dalam lingkaran tersebut. Bagi yang terakhir harus
mengambil bolanya keluar lingkaran tersebut.
Tujuan : untuk melatih kekompakan, daya nalar, dan kerjasama tim.
7. Jejak Maut
Dalam
satu tim diharuskan menunjuk satu orang yang menjadi leader dan anggota
sisanya harus siap untuk ditutup matanya satu persatu. Setiap anggota
kelompok bergantian harus jalan melewati rintangan yang berupa gelas
aqua, kardus, dan sandal dengan mata ditutup kain / slayer dan orang
yang menjadi leader harus memberikan instruksi kepada anggota kelompok
yang matanya tertutup hingga ia dapat mencapai garis finish. Tetapi saat
leader dari satu kelompok memberikan instruksi, panitia dan musuh dari
kelompoknya dibolehkan memberikan instruksi juga sehingga konsentrasi
dari peserta yang ditutup matanya menjadi buyar.
Syarat : kelompok yang sedang bermain harus ditutup matanya, kecuali orang yang menjadi leader.
Tujuan :
untuk melatih rasa kepercayaan kepada teman kita
untuk melatih diri agar siap untuk dipimpin
untuk melatih seseorang dalam jiwa kepemimpinan
untuk melatih seberapa dekat mengenal suara teman kita dalam satu kelompok
8. Trust your Friend
Permainan
ini hampir sama dengan permainan di atas, yakni Seluruh mata anggota
kelompok ditutup kain / slayer kecuali satu orang yang menjadi leader.
Panitia akan mengacak peserta yang ditutup matanya hingga berpencar satu
sama lain. Seorang leader bertugas memberikan instruksi kepada anggota
kelompok yang ditutup matanya dan diharuskan membuat lingkaran kecil
didepannya dan saling berpegangan. Ketika leader memberikan instruksi,
panitia berusaha membuyarkan daya pikir mereka dengan cara panitia
memberikan instruksi juga dan mengatur gerakan mereka.
Tujuan :
Untuk melatih rasa kepercayaan kepada teman kita
Untuk melatih jiwa kepemimpinan terhadap seorang
Untuk melatih tingkat kekompakan dan kerjasama tim
9. SpiderWeb
Setiap
anggota kelompok harus melewati jarring-jaring yang telah dibuat
panitia dengan tidak menyentuh tali yang dibuat panitia dan setiap
jaring-jaring yang sudah dimasuki oleh anggotanya tidak boleh lagi
dimasuki oleh anggota kelompok yang lainnya.
Tujuan : untuk melatih kekompakan, kebersamaan dan solidaritas.
10. Kotak Berganda
Seluruh
anggota harus dapat masuk dalam kotak yang ukurannya mulai besar hingga
kecil. Dan seluruh anggota dilarang keluar kotak / garis yang
ditentukan oleh panitia. Peserta harus bertahan di kotak terakhir /
kotak terkecil selama 30 detik.
Tujuan : untuk melatih rasa solidaritas, kekompakan dan kebersamaan
11. Kertas Panas
Setiap
peserta kelompok diharuskan melipat sebuah kertas menjadi 10 sisi
(tergantung jumlah anggota kelompok) di sisi pertama dituliskan nama
anda masing-masing. Setiap peserta diharuskan mengisi setiap sisi
tentang pandangan mereka terhadap peserta yang bersangkutan dalam waktu
10 detik / peserta kelompok dengan cara kertas diputar secara bergilir.
Alat yang digunakan : kertas dan pulpen / pensil.
Tujuan : untuk mengetahui pandangan rekan sekelompok terhadap diri peserta.
12. Botol Metal
Satu
kelompok akan diberikan 5 bola kertas yang harus dilemparkan ke botol
yang telah disediakan panitia. Peserta dalam melemparkan bola kertas
akan diberikan jarak 10 meter.
Alat yang digunakan : botol beling dan bola kertas / bola koran.
Tujuan : untuk melatih tingkat ketepatan peserta dalam menganalisa suatu masalah
13. Konsentrasi Style
Setiap
peserta harus menghapalkan semua nama gerakan yang diberikan panitia,
jika panitia menyebutkan kata yang diinginkan maka peserta harus
menunjukan salah satu gerakan yang tak disebutkan. (intinya hampir sama
permainan pundak lutut kaki).
Tujuan : untuk melatih konsentrasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar