Minggu, 26 April 2015

JANGAN BIARKAN 9CM MERENGGUT SELURUH KEHIDUPANMU



“Jangan Berdalih Dari Kenyataan” suatu ungkapan yang menuntut kita untuk sadar atas suatu hal yang sudah jelas kebenarannya, namun seringkali kita abaikan. Sejak dulu, Rokok sudah menjadi bahan konsumsi pokok oleh mayoritas masyarakat yang mengkonsumsinya. Dengan alasan yang beragam, mulai dari sebagai teman disaat kekosongan, bahan dalam mendapatkan inspirasi, ataupun hanya sekedar mengiktui gaya pergaulan sekitar saja, dan lain sebagainya. 

Pada umumnya, mayoritas masyarakat mengetahui dampak bahaya dari mengkonsumsi Rokok. Namun, pada kenyataanya rokok sulit dijauhkan atau dihilangkan dalam berbagai unsur masyarakat, baik lingkungan maupun budaya. Begitupun sebaliknya, masyarakat pun tak ingin menghentikan budaya merokok dalam kesehariannya karena sudah menjadikan rokok sebagai budaya dan kebutuhan dalam kehidupannya. Tidak terkecuali masyarakat/mahasiswa dilingkungan perkuliahan. 

Banyak hal yang sudah dilakukan untuk menghentikan para perokok dari ketagihannya akan rokok seperti menampilkan bahaya merokok dalam bentuk gambar, kampanye, lagu, iklan yang menggunakan icon anti merokok seperti menggunakan artis yang sedang naik daun maupun aturan tegas dari pemerintah untuk lebih keras didalam membatasi penjualan rokok dengan sanksi yang berat disertai mengharuskan industri rokok untuk mencantumkan gambar akibat merokok seperti kanker, tumor dan sebagainya di bungkusan rokok. 

Himbauan keras kepada masyarakat terkhusus mahasiswa untuk tidak mengkonsumsi rokok memang terkesan menemui jalan buntu. Namun, semangat juang dalam menyadarkan lingkungan sekitar akan bahaya dari rokok tidak boleh ikut-ikutan buntu. Perlu cara-cara kreatif dan inovatif untuk dapat menyadarkan para perokok akan bahaya dari mengkonsumsi rokok.  Seperti halnya yang dilakukan oleh aktivis BEM FIKES UHAMKA yang bekerja sama dengan TEATER HIJRAH UHAMKA pada acara HANTU 9CM yang diselenggarakan di Aula lantai 4 Kampus UHAMKA LIMAU pada 24 April 2015 kemarin. Dimana mereka mengemas dan menyajikan konsep sosialisasi dan edukasi tentang bahaya rokok yang dipadu dengan nilai-nilai seni teater, juga nilai realitas dengan menghadirkan langsung korban dari keganasan rokok itu sendiri.

Sekiranya melihat realitas budaya merokok saat ini yang sudah sangat memprihatinkan, kegiatan ataupun bentuk aksi nyata seperti yang dilakukan oleh teman-teman BEM FIKES dan TEATER HIJRAH UHAMKA perlu mendapakan apresiasi dan harus dicontoh oleh lembaga-lembaga yang mengatasnamakan gerakan anti rokok. Disini pulalah mahasiswa berperan sebagai agent of change yang bertugas ikut menyadarkan masyarakat dari bahaya rokok terhadap keberlangsungan kehidupan. Dibutuhkan gerakan atau acara HANTU9CM lainnya dalam rangka memberantas budaya menyakiti diri sendiri, budaya menguras sisa kehidupan, budaya merokok. LANJUTKAN! SALAM MAHASISWA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SHARE